6 Alasan Kamu Wajib Berkunjung Ke Kota Bangka

          Dimata para wisatawan Indonesia, Bangka Belitung masih kalah pamor dengan tempat wisata seperti Bali, Lombok, ataupun Raja Ampat di Papua. Namun apabila anda ingin berlibur ke destinasi wisata yang belum banyak di jamak oleh manusia, Bangka Belitung lah tempatnya. Mungkin, beberapa wisatawan sudah tidak asing dengan beberapa pantai yang ada di pulau Belitung seperti pantai Tanjung Kelayang atau Pantai Tanjung Tinggi. Namun ternyata di Bangka kamu juga dapat menikmati indahnya hamparan pasir putih dan birunya laut di setiap pantainya, melihat kolong Kaolin bekas tambang timah yang kini menjadi objek wisata masyarakat, melihat sejarah - sejarah berarti milik Ir.Soekarno di gunung Menumbing, hingga menyantap kuliner lezat di kota Bangka. Setidaknya, ada 6 alasan utama kamu wajib berkunjung ke kota ini, berikut daftarnya ;

1.Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri, Bangka
          Pantai ini bejarak kurang lebih 40 km dari Bandara Udara Depati Amir, Bangka. tepatnya berada di sungai liat. pantai ini memiliki kontur tanah yang landai dengan ombak yang relatif kecil. Selain air yang biru dan bening, pantai ini mempunyai gugusan batu karang berukuran besar dan membentuk formasi yang begitu indah jika disatukan dengan pohon - pohon kelapa serta pasir yang putih bersih. pengelola Pantai Parai Tenggiri membangun dua resort, yakni Parai Pool Vilas Resort & Spa dan Parai Beach Resort & Spa. Kedua resort ini menyediakan beragam fasilitas seperti; hotel, restoran, pemancingan ikan, areal outbond, dan spa. Selain itu, pengunjung juga dapat menyewa peralatan untuk jet ski, banana boating, paarasailing, serta diving. Bagi pengunjung yang ingin mencoba parasailing atau diving namun belum memiliki pengalaman tidak perlu kawatir. Karena, pengelola pantai ini menyediakan instruktur berpengalaman yang dapat memberikan petunjuk cara penggunaan dan pelatihan terlebih dulu kepada para wisatawan.


2.Pantai Tikus

Pantai Tikus, Bangka
          Pantai Tikus merupakan sebuah pantai yang masih terhitung alami dan menawan. Terdapat beragam versi nama pantai ini, antara lain seperti Pantai Vihara, Pantai Cinta, Pantai Akasia dan banyak lagilainnya. Dipantai Tikus anda bisa menemukan banyak sekali batuan granit berukuran besar yang berada di sekitar pantai, tebing terjal yang masih alami serta air jernih kebiruan menjadi penanda jika lokasi satu ini masih terhitung alami dan luar biasa indahnya. Selain dari bibir pantai anda juga bisa mengamati keindahan alam sekitar Pantai Tikus ini dari sebuah Vihara atau kuil yang bertada di dekat pantai tersebut.
          Keberadaan Vihara megah di dekat pantai ini tentunya menjadi daya tarik lain bagi anda yang berkunjung ke pantai elok satu ini, sebab perpaduan uniknya bangunan Vihara yang cukup megah dan besar, disandingkan dengan pesona pantai biru super menawan di bawahnya.


3.Pelabuhan Sadai

Pelabuhan Sadai, Bangka
          Apabila wisatawan ingin melihat sunset yang indah, salah satu tempat yang paling pas adalah Pelabuhan Sadai. Disini, para wisatawan yang datang akan di suguhkan pemandangan menakjubkan, berupa baliknya matahari ke peraduan yang pelan - pelan menghilang dari sebuah pulau kecil yang menyerupai gunung.
          Di pelabuhan Sadai juga terdapat puluhan kapal fery yang menghubungkan Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Kapal - kapal ini berlayar secara regular tiga kali dalam seminggu. letaknya yang dikelilingi oleh Pulau Bangka, Pulau Lepar, serta Pulau Tinggi dan beberapa pulai lainnya membuat perairan Sadai sangat indah. Alamnya yang masih asri dengan sejumlah bebukitan yang masih hijau, bebatuan dan pasir yang terus diterpa ombak. Perahu - perahu para nelayan desa Sadai juga siap menemani wisatawan yang ingin berkunjung pulau - pulau indah di seberang Pelabuhan Sadai.


4.Kolong Kaolin (Kolong Biru)

Kolong Kaolin, Bangka
          Terletak di perbatasan Bangka Selatan, tepatnya di desa Air Bara, perjalanan dari Pangkalpinang kita tempuh selama kurang lebih 1,5 jam santai. Rutenya dari Kota Pangkalpinang ke arah Koba (Bangka Tengah) lalu menuju Bangka Selatan. 
          Tempat ini merupakan bekas galian tambang timah namun ditinggal begitu saja. Kemudian terbentuklah lubang lubang - lubang galian dengan bentuk yang cukup besar. Seiring berjalannya waktu, lubang - lubang itu terisi air, baik itu dari air hujan ataupun sumber mata air yang ada di dasar lubang galian. Bentuk kolong ini merupakan kawah yang sangat lebar, pemandangan tanah dan bebatuan berwarna putih mengunung, dipadukan dengan kawah di tengahnya berisi air biru jernih bergradasi.


5.Gunung Manumbing

Gunung Menumbing, Bangka
          Untuk para wisatawan yang berwisata ke Gunung Manumbing wajib datang ke wisama Manumbing, karena wisma ini merupakan rumah peristirahatan dimana Ir. Soekarno pernah tinggal selama pengasingan di pulau Bangka. Wisma menumbing terletak di kota Muntok, Kabupatem Bangka Barat. Untuk menuju puncak, wisatawan dapat menggunakan mobil dan hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit, di sisi jalan pohon - pohon menjulang dengan batu - batu besar yang berbentuk unik mengantar sampai ke atas. Di dalam wisma tersebut sangat menarik, terdapat ruangan rapat yang lumayan luas, kemudian mobil Ford yang pernah digunakan Ir. Soekarno, dan kamar tempatnya bekerja dan tidur. Dan di teras wisama ada sebuah lonceng tua yang diikat ke sisi tembok, konon lonceng itu dahulu biasa dibunyikan untuk memanggil tentara belanda untuk berkumpul. dan masih banyak lagi benda - benda bersejarah di tempat ini.


6.Kulinet Seafood di Pantai Pasir Padi

Aroma Laut, Bangka
          Setetah menikmati berbagai wisata di kota Bangka, jangan lupa untuk menikmati kuliner lezat di Aroma Laut, Pantai Pasir Padi. Restoran ini terletak di tepi pantai Pasir Padi. Selain seafood yang menggugah selera, kamu juga dapat menikmati keindahan pantai di atas kapal, karena restoran ini di bentuk menjadi sebuah kapal yang menarik. Makanan rekomendasi disini adalah ikan tenggiri Bakar, ikan lempah kuning, dan masih banyak lagi menu makanan yang tidak kalah enak di restoran ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ketahui Mengenai Anak Penyandang Down Syndrome

7 Nama Makanan Terunik Khas Indonesia