Ketahui Mengenai Anak Penyandang Down Syndrome

          Kata “autis” memang sering kita dengar di kalangan masyarakat. Panggilan itu dilontarkan bagi penyandang yang berkebutuhan khusus yaitu Down Syndrome. Namun panggilan itu tidak jarang diartikan dalam hal negatif, sehingga panggilan itu terdengar kasar untuk diucapkan kepada penyandang Down Syndrome. Yang perlu di ingat bahwa, Down Syndrome merupakan kondisi genetik bukanlah penyakit yang berarti penyandang DS bukan berarti tidak sehat. Namun masih banyak orang yang memandang mereka sebelah mata dan mendiskriminasi mereka.

          Down Syndrome merupakan kondisi yang memiliki kelebihan kromosom 21 yang dibawa sejak dalam kandungan. Pada umumnya, kromosom manusia berjumlah 2 atau sepasang. Namun pada kasus DS jumlah kromosom ada 3, sehingga jumlah kromosomnya 47 bukan 46. Bentuk lain dari masalah kromosom ini adalah translocation dan mosaicism. Pada translocation anak tetap mempunyai 46 kromosom, namun salah satu dari kromosom tersebut ada yang rusak dan berpindah ke kromosom yang lain.

           Penyebab Down Syndrome memang belum dapat diketahui dengan pasti, ada yang mengatakan kondisi ini dikarenakan usia sang ibu diatas 35 tahun dan sang ayah di atas 40 tahun. Namun pernyataan ini belum tentu benar karena ada beberapa pasangan yang usianya lebih muda mempunyai anak dengan kondisi Down Syndrome. Beberapa hal yang dapat dilakukan agar menghindari kondisi ini saat hamil, harus memperhatikan lebih baik lagi mengenai asupan makanan yang dikonsumsi, dan juga menghindari paparan bahan kimia seperti kegiatan tambal gigi yang mengandung amalgram ataupun seperti cat rambut.

          “Rawat mereka dengan baik”, kalimat itu bermakna bagi penyandang DS dimana mereka seharusnya mendapat perlakuan yang baik dari orang tuanya, maupun orang-orang disekitarnya. Treatment yang baik dapat dicoba orang tua untuk menyembuhkan anak berkebutuhan khusus ini, namun metode yang dipilihkan juga haruslah tepat. Karena penyandang DS mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, orang tua dapat menanyakan kepada dokter ataupun terapis bagaimana mengajarkan mereka untuk berkomunikasi dengan baik. Obat-obatan juga dapat mengurangi gejala Down Syndrome, namun dalam menentukan jenis pengobatan pun juga harus tepat.


          Pendidikan merupakan salah satu yang dapat diberikan orang tua  kepada mereka, karena dengan pendidikan seseorang mampu diterima dilingkungan sekitar mereka. Pendidikan yang tepat bagi mereka seperti, Pendidikan Integrasi ( Terpadu). 
Pendidikan ini akan memberikan kesempatan kepada peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus untuk mengikuti kegiatan belajar secara regular yang tidak membeda-bedakan  mana diantara mereka yang memiliki kekurangan atau berkebutuhan khusus.
 Pendidikan segregasi, pendidikan kedua ini adalah sekolah yang memisahkan antara penyandang yang memiliki kebutuhan khusus dari sistem pendidikan pada umumnya yang disebut Sekolah Luar Biasa ( SLB). 
Yang terakhir adalah pendidikan Eksklusif, pendidikan ini adalah sebuah model pendidikan yang baru dikembangkan dengan mengevaluasi model pendidikan integrasi, dimana setiap penyandang disesuaikan dengan kebutuhan khusus yang mereka miliki.Pada pendidikan ini, sekolah yang akan memberikan segala kebutuhan anak sesuai dengan potensi masing-masing. Apabila diberikan pendidikan dan perlakuan dengan baik, tidak sedikit penyandang Down Syndrome yang dapat meraih kesuksesan.

          Salah satu contoh bukti nyata kesuksesan penyandang yang mengalami Down Syndrome adalah ‘Madeline Stuart’. Gadis ini di usia 18 tahun berhasil menyandang status model dimana ia mengejar impian sebagai model iklan dengan bersungguh-sungguh. Salah satu brand aksesoris memilih gadis asal Brisbane, Australia ini sebagai modelnya. Awalnya gadis ini merasa kurang percaya diri akan berat badannya. Berkat hobi menari, berenang, dan cheerleading yang ditekuninya beberapa tahun terakhir, sehingga ia berhasil menurunkan berat badannya dan tampil percaya diri, hingga ia meraih kesuksesannya di dunia modeling.



Memberikan kasih sayang dengan tulus dan merawat mereka dengan baik akan membuat mereka lebih dihargai dan menjadi semangat menjalani hidup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Alasan Kamu Wajib Berkunjung Ke Kota Bangka

7 Nama Makanan Terunik Khas Indonesia